Selasa, 21 Agustus 2018

Uang Hanyalah Sarana

Banyak orang bilang, "Uang bukan segalanya, namun segalanya membutuhkan uang". Pernyataan tersebut tidak salah, karena memang segala sesuatu yang ingin kita miliki tentu harus dibeli dengan uang, namun yang jadi pertanyaannya adalah, apakah uang benar bisa membuat kita selalu bahagia?. dan apakah keingingan yang kita usahakan dengan terus membuat kita mengejar uang adalah jaminan hidup kita akan selalu bahagia?. Banyak orang termotivasi terus mengejar uang tanpa tujuan yang tak pasti, dan hanya terfokus untuk terus mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang mereka pikir dengan uang yang terkumpul banyak mereka akan hidup bahagia dan tenang. Sejatinya uang adalah sarana untuk memenuhi segala hasrat keinginan dalam diri. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai uang sebagai sarana, mari kita jawab dua pertanyaan awal dari artikel ini :
  • Apakah uang benar bisa membuat kita selalu bahagia?.
    • Ini adalah pertanyaan mendasar mengenai uang sebagai penunjang kebahagian dalam hidup. Uang dijadikan tolak ukur dalam pencapaian dunia, semisal dengan uang kita bisa membeli rumah, membeli kendaraan pribadi, berlibur ke tempat yang kita mau dan membeli sesuatu yang kita inginkan. Namun, apakah dengan tercapainya semua itu kehidupan kita akan selalu bahagia?. Banyak kita dapati orang-orang yang bergelimang harta hidupnya tidak selalu bahagia dan bertolak belakang dengan mereka yang sederhana namun semuanya terlihat baik-baik saja. Dari dua sisi ini kita bisa ambil pelajaran bahwa sebenarnya cara menikmati hiduplah yang membuat seseorang bisa hidup bahagia.
  • Apakah keingingan yang kita usahakan dengan terus membuat kita mengejar uang adalah jaminan hidup kita akan selalu bahagia?.
    • Banyak orang terlena dengan terus mengejar uang, dan melupakan hal lainnya yang sebenarnya bisa membuat mereka bahagia meskipun itu hal kecil. Mereka yang termotivasi dengan terus mengejar uang, suatu saat pasti mereka akan menyadari ternyata tidak semua kabahagiaan bersumber dari uang. Kedekatan dengan keluarga, kedekatan dengan orang tua adalah contoh sumber kabahagiaan yang sebenarnya. Uang tidak bisa membeli kabahagiaan hati, uang tidak bisa membeli ketenangan hati, dan uang tidak akan bisa menggantikan mereka yang peduli denganmu.
Dari dua pertanyaan yang telah kita jawab, maka kita dapat ambil pelajaran bahwa uang benar hanyalah sebagai sarana, sarana untuk mendapatkan sesuatu yang kita butuhkan dan kita inginkan, namun dengan catatan semuanya dikejar untuk kebaikan. Menuhankan uang sungguh salah, karena uang adalah salah satu bentuk rezeki yang sudah Allah SWT jamin, kita hanya perlu menjalani hidup sesuai dengan perintahNya dan menyerahkan segala sesuatu padaNya, motivasi lebih terhadap uang akan membutakan segalanya, dan yang lebih parah ialah melupakan perintah dari sang Pencipta. Jika niat kita baik dalam mencari rezeki, maka Allah akan permudah semuanya, baik cara mendapatkannya bahkan cara mengaturnya. Hidup hanya satu kali, jangan sia-siakan waktu kita hanya dengan mengejar uang, karena sebenarnya uang bisa berbalik mengejar jika kita melakukan sesuatu dengan tujuan yang mulia. Lakukanlah apapun yang kita suka, tapi tetap berada dijalanNya, jangan terus mengejar uang dengan menghalalkan segala cara. Bekerjalah dengan tujuan Ibadah, bukan hanya untuk uang semata. Berkaryalah dengan tujuan untuk memberi inspirasi, bukan perhitungan untung rugi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yakin Sholatmu Sudah Khusyu'?

Yakin sholatmu sudah khusyu' ?. Sudah merasa tersampaikan dengan semua bacaan yang dipanjatkan?. Banyak diantara kita menganggap sh...